Karnasih, Ida (2011) PARADIGMA PEMBELAJARAN MASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG. In: Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Menyenangkan dan Berkarakter, 18 Aug 2011, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Menyusutnya kualitas moral dalam kehidupan manusia di Indonesia ini, terutama di kalangan siswa/siswi, menuntut perlu adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter saat ini telah menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Tiap-tiap sekolah dituntut untuk memainkan peran & tanggungjawabnya untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik yang membantu para siswa/siswi membentuk maupun membangun karakter-karakter mereka bersamaan dengan nilai-nilainya. Disisi lain perkembangan teknologi juga telah membuka kemungkinan untuk mengembangkan potensi anak ke arah belajar yang bermakna (meaningful learning) dan menyenangkan. Perkembangan kurikulum dan pembelajaran matematika masa kini tidak hanya mengutamakan perkembangan pengetahuan matematikatetapi juga perkembangan karakter (character building). Pertumbuhan teknologi yang pesat memberi dampak terhadap perubahan pembelajaran matematika di dalam kelas. Dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan pendidikan karakter perlu dipikirkan arah perkembangan pendidikan matematika yang akan datang. Pendidikan abad ke-21 menuntut perubahan sasaran pendidikan matematika yang bukan hanya mementingkan pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan ketrampilan (skills) tetapi juga nilai (values). Perkembangan pendidikan yang mementingkan nilai (values) menjadi fokus pendidikan masa depan. Makalah ini membahas peran ICT dalam mengembankan karakter siswa melalui pembelajaranmatematika. Makalah ini juga membahas berbagai aspek pergeseran paradigma pendidikan matematika di masa yang akan datang.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | 370 Kar p |
Keywords: | Pendidikan karakter; Teknologi; Kurikulum; Pengembangan karakter; Pendidikan matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 May 2016 01:21 |
Last Modified: | 03 May 2016 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4892 |