Lombu, Agnes Ceria (2022) Pengembangan Media Teka-Teki Silang Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 074052 Tulumbaho T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311067_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 1183311067_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 1183311067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 1183311067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1183311067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183311067_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183311067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311067_BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 1183311067_BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 1183311067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui validitas Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 074052 Tulumbaho T.A 2021/2022; (2) mengetahui praktikalitas Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku embelajaran 1 Kelas IV
SD Negeri 074052 Tulumbaho T.A 2021/2022; dan (3) mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 074052 Tulumbaho T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research
and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian, yaitu tahap analisis (analisys), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil
penelitian dari pengembangan media pembelajaran Teka-Teki Silang pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan jumlah skor 64 dengan presentase kelayakan 85% berada pada
kategori “sangat layak” dan hasil validasi desain oleh ahli media memperoleh skor 68 dengan presentase 90% kategori “sangat layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi Pendidikan memperoleh hasil skor 50 dengan presentase 90% kategori
“sangat praktis” dan hasil respon siswa dengan jumlah reratanya 72,6 dengan nilai presentase 90% kategori “sangat praktis”. Berdasarkan uji keefektifan media pembelajaran bahwa hasil dapat diketahui setelah menggunakan media pembelajaran Teka-Teki Silang yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan media pembelajaran Teka-Teki Silang, siswa mendapat nilai dengan rata-rata 54,375 meningkat menjadi 80. Nilai rata-rata skor gain meningkat sebesar 56,16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Teka-Teki Silang; Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:12 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48878 |