Samosir, Santo Yoseph (2022) Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111090_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1183111090_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 1183111090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM. 1183111090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183111090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1183111090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111090_BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM. 1183111090_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1183111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada pengaruh signifikan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa Kelas IV SD N 101766 Bandar Setia. Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian eksperimen.
Sampel yang diguanakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah teknik tes dilakukan dengan instrumen berupa soal tes keterampilan membaca pemahaman pilihan berganda sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu telah diujivaliditas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test, dilakukan dengan
bantuan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N 101766 Bandar Setia. Hasil pengukuran kemampuan siswa sebelum diberikan
perlakuan (pre-test) memiliki nilai rata-rata 56,55. Setelah diberi perlakuan (posttest) hasil nilai siswa memiliki rata-rata 79. kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,0 yang merupakan kurang dari taraf signifikan = 0,05. 0,0 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dinyatakan bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
Review (PQ4R) memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N 101766 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Preview; Question; Read; Reflect; Recite; Review (PQ4R); Keterampilan Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48877 |