Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia

Samosir, Santo Yoseph (2022) Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183111090_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183111090_COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183111090_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183111090_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183111090_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183111090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183111090_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183111090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183111090_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183111090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183111090_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183111090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183111090_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183111090_BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183111090_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183111090_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada pengaruh signifikan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa Kelas IV SD N 101766 Bandar Setia. Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian eksperimen.
Sampel yang diguanakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah teknik tes dilakukan dengan instrumen berupa soal tes keterampilan membaca pemahaman pilihan berganda sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu telah diujivaliditas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test, dilakukan dengan
bantuan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N 101766 Bandar Setia. Hasil pengukuran kemampuan siswa sebelum diberikan
perlakuan (pre-test) memiliki nilai rata-rata 56,55. Setelah diberi perlakuan (posttest) hasil nilai siswa memiliki rata-rata 79. kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,0 yang merupakan kurang dari taraf signifikan = 0,05. 0,0 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dinyatakan bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
Review (PQ4R) memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N 101766 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Preview; Question; Read; Reflect; Recite; Review (PQ4R); Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:18
Last Modified: 13 Dec 2022 01:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48877

Actions (login required)

View Item
View Item