Aprianti, Yayuk (2022) Pengaruh Penggunaan Media Storyboard Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Siswa Kelas V SD Negeri 060866 Medan Timur T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311042_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM. 1183311042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 1183311042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1183311042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 1183311042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183311042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183311042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311042_BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM. 1183311042_BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 1183311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media storyboard berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 ingkungan sahabat kita subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 060866 Medan Timur T.A 2021/2022. Penelitian ini meruakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen adalah 78,5 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 64,4. Pada uji normalitas diketahui bahwa data pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan dengan ketentuan Lhitung < Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai pretest kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel (0,185 < 0,193) dan nilai postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,133 < 0,193). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung < Ltabel (0,167 < 0,198) dan nilai postest diperoleh Lhitung < Ltabel (0,132 < 0,198). Hasil uji homogenitas diketahui data pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi homogen dengan ketentuan Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,088 < 2,155). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai thitung > ttabel (4,215 > 2,023) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media storyboard berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 lingkunngan sahabat kita subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 060866 Medan Timur T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Learning Outcomes; Learning Media; Storyboard Media; Interactive Multimedia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48876 |