Pohan, Siti Nur Hairani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311058_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311058_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 1183311058_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1183311058_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 1183311058_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183311058_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7. NIM. 1183311058_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1183311058_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311058_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 1183311058_BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM. 1183311058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas VI, menunjukkan hasil validasi oleh ahli Konten media yang diperoleh yaitu 4,2 kategori “Sangat Layak” dan hasil persentase sebesar 89% “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh ahli desain media yang diperoleh yaitu sebesar 4,5 kategori “Sangat Layak” dan hasil persentase 92% kategori “Sangat Layak”.Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot yang dilakukan oleh guru wali kelas VI, memperoleh nilai sebesar 91% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik dapat dikategorikan “Sangat Praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 93%. Peserta didik menunjukkan respon positif terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia. Berdasarkan hasil uji keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot setelah menggunakan aplikasi Kahoot yang telah dikembangkan, nilai rata-rata meningkat hingga 89,7 dan dikategorikan “Sangat Baik” serta memperolah kriteria ketuntasan “Tuntas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Kahoot; Keterampilan; Berbahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:36 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48865 |