PROFESIONALISME GURU DAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN NASIONAL

Hutabarat, Wesly (2010) PROFESIONALISME GURU DAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN NASIONAL. In: Seminar Nasional Profesionalisme Guru dan Paradigma Baru Pembelajaran di Sekolah, 3-4 Jul 2010, Gunung Sitoli.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Paradigma baru pendidikan nasional yang diatur dalam UU Sisdiknas tahun 2003 memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat menikmati jenjang pendidikan sesuai dengan tingkat dan usia peserta didik. UU Sisdiknas digulirkan sesuai dengan proses desentralisasi dan demokratisasi pendidikan di Indonesia. Sehingga pendidikan yang sentralistik diganti dengan pendidikan desentralisasi, yang memberikan kesempatan bagi pemerintah daerah untuk mengelola sistem pendidikan berdasarkan kebutuhan keunggulan lokal. Dengan demikian peserta didik diharapkan mampu mendapatkan dan memasuki dunia kerja sesuai keahlian dunia kerja ditempat mana dia tinggal. Dengan demikian tenaga kerja akan dapat diserap di tinggal. Dengan demikian tenaga kerja akan dapat diserap di tingkat lokal dan tidak perlu mengharapkan pekerjaan di luar daerah lain, karena siswa telah dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan berdasarkan potensi keunggulan lokal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 371.11 Hut p
Keywords: Profesionalisme; Guru; Pendidikan nasional; Otonomi daerah; Globalisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 May 2016 18:32
Last Modified: 03 May 2016 18:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item
View Item