Purba, Sri Damar Wulan Yasinta (2022) Strategi Guru PPKn Dalam Mengimplementasikan Kelas Sebagai Laboratorium Demokrasi (Studi Deskriptif di SMA Negeri 14 Medan). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3182111010 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 3182111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM. 3182111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 3182111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 3182111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 3182111010 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 3182111010 LIST OF TABELS.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 3182111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 3182111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM. 3182111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 3182111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengimplementasikan kelas sebagai laboratorium demokrasi 2) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh guru PPKn dalam mengimplementasikan kelas sebagai laboratorium demokrasi dan 3) mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan-hambatan yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengimplementasikan kelas sebagai laboratorium demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 orang guru PPKn dan 13 orang siswa SMA Negeri 14 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh 1) strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengimplementasikan kelas sebagai laboratorium demokrasi dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab, memberi kebebasan menyelesaikan tugas menggunakan berbagai referensi, membangun kepercayaan diri siswa untuk mengemukakan argumen dengan selalu memberi poin, membudayakan siswa untuk membaca berita dan menyampaikannya di depan kelas, mengajarkan tenggang rasa dan saling menghargai perbedaan serta melatih kerjasama siswa melalui kelompok belajar dengan menggabungkan siswa yang aktif dan kurang aktif. 2) Hambatan yang ditemui oleh guru dalam mengimplementasikan kelas sebagai laboratorium demokrasi adalah kurangnya kesadaran siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mayoritas siswa masih pasif untuk berpartisipasi aktif di kelas. 3) Upaya yang dilakukan guru PPKn untuk mengatasi hambatan yang ditemui tersebut adalah dengan memperbaiki proses pengajaran, konsep, metode, media pembelajaran, dan melatih siswa untuk mulai bisa berani mengemukakan pendapat dengan membimbing membuat catatan kecil untuk dibacakan di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-042 |
Keywords: | Strategi; Guru PPKn; Kelas; Laboratorium Demokrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 09:48 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48852 |