ASESMEN KOMPETENSI PEMECAHAN MASALAH PISA 2012 : KASUS INDONESIA

Karnasih, Ida (2014) ASESMEN KOMPETENSI PEMECAHAN MASALAH PISA 2012 : KASUS INDONESIA. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Berbasis PISA.

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview

Abstract

Siswa Indonesia telah mengikuti PISA (Programme for International Student Assessment sejak Tahun 2000. Posisi Indonesia selalu berada pada ranking terbawah diantara peserta dari negara-negara Asia Tenggara dan negara lainnya. Untuk tahun 2012, posisi Indonesia berada pada ranking 62 dari 65 negara peserta. Makalah ini memperkenalkan konsep, prinsip, dasar filosofis, dan sistem assesmen dan bagaimana persiapan soal-soal dan pengelolaan PISA asesmen PISA 2012, posisi Indonesia di PISA 2012. Fokus utama pembahasan makalah adalah pada asesmen kompetensi pemecahan masalah untuk Indonesia. Kerangka kerja asesmen pemecahan masalah PISA 2012, dan faktor-faktor pendukung keberhasilan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 510 Kar a
Keywords: Pemecahan masalah; Kompetensi; Literasi matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 May 2016 19:52
Last Modified: 03 May 2016 19:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item
View Item