Dalimunthe, Qomaruddin Ramadhansyah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4172131007 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4172131007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
3.NIM 4172131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4.NIM 4172131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5.NIM 4172131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9.NIM 4172131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13.NIM 4172131007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14.NIM 4172131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Salah satu faktor keberhasilan suatu pembelajaran adalah media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui prosedur pengembangan Media Pembelajaran berbasis Web untuk materi Ikatan Kimia pada mata pelajaran Kimia kelas X program IPA; (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari Media Pembelajaran berbasis Web yang dikembangkan untuk mata pelajaran Kimia kelas X program IPA; (3)Mengetahui hasil belajar kimia menggunakan media pembelajaran berbasis web terhadap nilai KKM pada mata pelajaran kimia. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA di SMAN 1 Sunggal. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web. Instrumen Tes yang digunakan adalah tes hasil belajar Ikatan Kimia berupa pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal. Sedangkan validasi media dilakukan pada dosen kimia yang berjumlah 3 orang dan 2 orang guru kimia. Data di analisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji One Sample T-Test dengan menggunakan SPSS 22.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Model penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan berbantuan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi Ikatan Kimia dari validator ahli yaitu Dosen Kimia dan Guru Kimia persentasenya berturut-turut 87,22%, 81,92% 79,72%, 75,27%, dan 75,27%, dengan rata-rata persentase 79,88%, yang menunjukkan hasil media yang di kembangkan sudah berada pada kategori “Layak”, dapat di ambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis Web sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web yaitu rata-rata nya lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan (KKM) yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 80.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 110 |
Keywords: | Ikatan kimia; Web; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 03:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48781 |