Sinaga, Rutmawaty (2022) Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Debit Pada Pelajaran Matematika Kelas V SD N 106160 Tanjung Rejo T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182111034 COVER.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
2. NIM 1182111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
3. NIM 1182111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM 1182111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM 1182111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 1182111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 1182111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 1182111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
12. NIM 1182111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. NIM 11082111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi debit pada pelajaran matematika kelas V SD N 106160 Tanjung Rejo, kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. Penelitian iniberjudul “Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Debit Pada Pelajaran Matematika Kelas V SD N 106160 Tanjung Rejo T.A 2021/2022”. Adapun jenis penelitian pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD N 106160 Tanjung Rejo yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal tes. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes esai berjumlah 10 soal yang disertai dengan CRI (Certainly of Response Index) serta dilengkapi dengan melakukan wawancara mendalam kepada siswa yang memiliki miskosnepsi terbanyak dari keseluruhan soal. Langkah-langkah penelitian pada penelitian ini meliputi 1) Pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pelaksanaan, dan 4) Penyelesaian. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan persentase pemahaman siswa yang paham konsep sebesar 44% dari keseluruhan jumlah siswa, siswa yang tidak paham konsep sebesar 23%, dan siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 33% dari keseluruhan jumlah siswa. Disamping itu dari hasil tes dan wawancara yang dilakukan ditemukan jenis miskonsepsi yang dialami meliputi miskonsepsi operasi, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi hitung, dan miskonsepsi konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Certainly of Response Index; Debit |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:17 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48779 |