Syafwani, Nurul (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID YANG DIKEMBANGKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 4173131033 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM . 4173131033 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM . 4173131033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM . 4173131033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM . 4173131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM . 4173131033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM . 4173131033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM . 4173131033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil dan motivasi belajar kimia pada materi Laju Reaksi di SMA Negeri 8 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian adalah dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu XI MIA 4 dan kelas eksperimen yaitu XI MIA 1. Perlakuan pada dua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis android pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes pilihan berganda dan non tes berupa angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan pada materi laju reaksi telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan BSNP dengan rata-rata kelayakan isi sebesar 3,75, kelayakan bahasa 3,81, kelayakan penyajian 3,63 dan kelayakan kegrafikan 3,76. (2) uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung =8,71 lebih besar dari t tabel =1,68 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media android dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media berbasis android. (3) uji t terhadap motivasi belajar dengan diperoleh t hitung =11,54 lebih besar dari t tabel =1,68 sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media android dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media berbasis android.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 112 |
Keywords: | Android; Motivasi belajar; Laju reaksi; Media pembelajaran interaktif; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 08:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48760 |