Lubis, Nurainun (2022) Analisis Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran pada Masa Covid-19 di SD Negeri Kecamatan Huta Raja Tinggi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111077_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111077_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 1183111077_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 1183111077_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 1183111077_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1183111077_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183111077_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183111077_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1183111077_BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 1183111077_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1183111077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keaktifan proses belajar melalui pembelajaran daring, mengetahui faktor penghambat proses belajar melalui pembelajaran daring, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pembelajaran daring Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas T.A 2020/2021. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 0702 Panyabungan, SDN 0706 Tanjung Ale, SDN 0713 Trans Pir Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Sampel penelitian ini berjumlah 57 orang siswa kelas V dan 3 guru dari tiga SD yaitu SDN 0702, SDN 0706, SDN 0713 Kecamatan Huta Raja Tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner yang berjumlah 15 butir pertanyaan yang sudah divalidkan dengan doen ahli. Hasil temuan penelitian yaitu: A) Keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pada masa covid-19 di SDN 0702 dari hasil rekapitulasi angket siswa 49,68%, SDN 0706 dari hasil rekapitulasi angket siswa 48,93%, SDN 0713 dari hasil rekapitulasi angket siswa 49,39% dan rekapitulasi angket guru 49,13% dengan kategori cukup aktif. B) Penghambat belajar siswa dalam pembelajaran
daring: 1) peserta didik kurang fokus saat belajar; 2) fasilitas yang kurang memadai dalam proses pembelajaran daring; 3) kurangnya kesiapan guru kelas dalam pembelajaran daring. C) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala
pembelajaran daring: 1) mendistribusikan kuota internet kepada siswa; 2) fasilitas pelatihan-pelatihan belajar kreatif baik dengan menggunakan sistem belajar
internet maupun teknik lainnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Belajar; Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48747 |