Triswandi, Wira (2021) Hubungan antara Media E-Learning SIKUPAS dengan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YAPIM Biru-Biru Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163121033 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 5163121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
3. NIM 5163121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 5163121033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 5163121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 5163121033 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 5163121033 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5163121033 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 5163121033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM 5163121033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM 5163121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan media E-Learning dimasa pandemi COVID-19 merupakan alternatif pilihan sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran. SMKS YAPIM Biru-Biru menggunakan media E-Learning SIKUPAS dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hubungan antara media E-Learning SIKUPAS dengan motivasi belajar menggambar teknik siswa, (2) untuk mengetahui hubungan antara media E-Learning SIKUPAS dengan minat belajar menggambar teknik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate startified random sampling yaitu siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMKS YAPIM Biru-Biru sebanyak 55 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, korelasi, dan regresi pada taraf signifikasni 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media E-Learning SIKUPAS dengan motivasi belajar menggambar teknik siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Biru-Biru T.A 2020/2021 dengan nilai koefisien korelasi (r hitung) 0,653 > r tabel 0,2656 dan t hitung 6,276 > t tabel 2,006 dengan R square sebesar 0,426 yang artinya adanya hubungan antara media E-Learning SIKUPAS terhadap motivasi belajar menggambar teknik siswa sebesar 42,6% dan selebihnya 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang tidak diteliti. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media E-Learning SIKUPAS dengan minat belajar menggambar teknik siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Biru-Biru T.A 2020/2021 dengan nilai koefisien korelasi (r hitung) 0,706 > r tabel 0,2656 dan t hitung 7,250 > t tabel 2,006 dengan R square sebesar 0,498 yang artinya adanya hubungan antara media E-Learning SIKUPAS dengan minat belajar menggambar teknik siswa sebesar 49,8% dan selebihnya 50,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-002 |
Keywords: | E-Learning; SIKUPAS; Motivasi Belajar; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48643 |