Sirait, Venny Indriyani (2022) Pengembangan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111130_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111130_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 1183111130_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 1183111130_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1183111130_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183111130_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111130_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183111130_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111130_BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM. 1183111130_BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1183111130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah LKPD yang digunakan oleh guru kelas V SDN 106811 Bandar Setia adalah buku tematik dan belum berbasis Problem Baseed Learning. Sehingga motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa termasuk rendah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/202, (2) Praktikalitas LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/2022, dan (3) Efektivitas penggunaan LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning Pada
Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define
(pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukan kelayakan LKPD
berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari ahli media dengan perolehan presentase sebesar 93% dengan kriteria
sangat layak. Praktikalitas LKPD berbantun Canva berbasis Problem Based Learning diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dan hasil angket respon siswa, hasil yang diperoleh adalah presentase sebesar 96% dan 100% yang
termasuk kedalam kategori sangat praktis. Efektivitas LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning pada pretest memperoleh rata-rata nilai ketuntasan sebesar 9% , dan setelah dilaksanakannya pembelajaran menggunakan
LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning di peroleh rata-rata ketuntasan nilai posttest sebesar 100%, dan termasuk ke dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan LKPD
berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning sebesar 91% .Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan Canva berbasis Problem Based Learning pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106811 Bandar Setia T.A 2021/2022 layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKPD; Canva; dan Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48624 |