Vebriyansah, Oki Agam (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Presisi Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162321004 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 5162321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 5162321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM. 5162321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
5. NIM. 5162321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
6. NIM. 5162321004 TABLE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. NIM. 5162321004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
8. NIM. 5162321004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
9. NIM. 5162321004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5162321004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM. 5162321004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan data skripsi berjenis penelitian pengembangan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan priode kelulusan 2019-2020 kurang lebih sekitar 87,2% media diambil dari media penyedia video online, oleh sebab itu penulis akan merancang sebuah media pembelajaran berbasis Mobile learning (M-Learning) dengan model penulis itu sendiri atau dengan modifikasi yang berarti. Dalam masa darurat penyebaran corona virus disease-19 sekolah dianjurkan untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah melalui media pembelajaran daring. Dengan pengembangan media berbasis M-Learning diharapkan dapat mengasah kemampuan dan keterampilan peserta didik serta dapat mengurangi kesenjangan pembelajaran praktikum langsung dengan praktikum jarak jauh dalam jaringan. Tujuan Penelitian, (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis M-Learning pada pembahasan alat ukur mekanik presisi kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis M-Learning pada pembahasan alat ukur mekanik presisi kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan yang dikembangkan, (3) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis M-learning pada pembahasan alat ukur mekanik presisi kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan yang dikembangkan.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian ADDIE dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) tahap analisis (analisis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation) dan, (5) tahap evaluasi (evalution). Hasil Penelitian ini menunjukan (1) hasil analisis validasi media pembelajaran berbasis M-Learning dinyatakan valid dengan rerata skor 0,96 tergolong pada kategori validitas tiggi, (2) hasil analisis kepraktisan media pembelajaran berbasis M-Learnig dinyatakan layak digunakan dengan rerata skor 3,57 tergolong pada kategori sangat positif, (3) hasil analisis kepraktisan media pembelajaran berbasis M-Learning dinyatakan praktis digunakan dengan rerata skor 3,59 tergolong pada kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-007 |
Keywords: | Penelitian Pengembangan; Media Pembelajaran; Media Berbasis M-Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48605 |