Simatupang, Mardongan L (2022) Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Penerapan Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) di Kelas X SMK Negeri 1 Pakkat Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141121015 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM 5141121015 APPROVAL SHEET..pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM 5141121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 5141121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 5141121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM 5141121015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 5141121015 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 5141121015 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 5141121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 5141121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM 5141121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil data observasi penelitian di SMK Negeri 1 Pakkat tahun ajaran 2020/2021 membuktikan bahwa hasil belajar gambar teknik pada penerapan PJBL di sekolah tergolong cukup. Salah satu kegiatan yang menunjukkan hasil belajar adalah project based learning (PJBL), sehingga dilakukkan penelitian dengan melakukan analisis minat dan fasilitas belajar siswa dalam mendukung hasil belajar siswa pada penerapan PJBL. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Pakkat pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, survey angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Data yang diperoleh daripenelitian bersifat kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diproses dengan menggunakan perhitungan, sedangkan data kualitatif digambarkan dengan kata dan kalimat yang dipisah-pisah menurut kategorinya. Hasil penelitian pada penerapan PJBL di Kelas X SMK Negeri 1 Pakkat ini menunjukkan bahwa, (1) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar gambar teknik pada siswa kelas X dipengaruhi oleh faktor internal (dari dalam) dan ekstrnal (dari luar). Faktor intern meliputi minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor fasilitas belajar siswa, dan (2) hasil belajar gambar teknik di Kelas X pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 berada pada kriteria cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MSN-019 |
Keywords: | Minat Belajar; Fasilitas Belajar; PJBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48604 |