Tampubolon, Tracy Almarisa (2022) Pengembangan Media Pembelaaran Berbasis ClassPoint Menggunakan PowerPoint Tema 9 Pada Siswa kelas IV SDN 060852 Madong Lubis T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311133_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1173311133_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1173311133_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM. 1173311133_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 1173311133_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1173311133_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1173311133_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 1173311133_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 1173311133_BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 1173311133_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 1173311133_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kurangnya ketersediaan media pembelajaran tematik berbasis teknologi di kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran tema 9 subtema 1 yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation),
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara, kuesioner, dan hasil nilai pre-tets dan post-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media
pembelajaran tema 9 subtema 1 yang layak dan praktis digunakan. Hal tersebut sesuai dengan penilaian akhir dari seluruh validator terhadap media pembelajaran
yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 85,9% atau dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uji coba diperoleh respon siswa dengan persentase 89,2% atau dalam kategori “Sangat Baik”. Dan berdasarkan hasil ujicoba
efektivitas produk pre-test memperoleh rata-rata 31,3% dan post test 86% hal ini dapat disimpulkan bahwa media sudah sangat efektif digunakan di kelas IV SDN 060852 Madong Lubis. Dsimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini
menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Classpoint tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; ClassPoint; Kelas IV Tema 9 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:52 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48582 |