Saragih, Putri Cuancy (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 PEMBINA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1183113028 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 1183113028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
3. NIM 1183113028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 1183113028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 1183113028 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 1183113028 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 1183113028 PICTURES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 1183113028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM 1183113028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM 1183113028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
14. NIM 1183113028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen bentuk The Equivalent Time Sample Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak berusia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Pembina Medan sebanyak 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan pertimbangan mengambil satu kelompok alami yaitu kelas Melati yang berjumlah 13 anak. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu media audiovisual dan variabel terikat, yaitu kemampuan bahasa ekspresif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf nyata α = 0,05 dengan nilai kritis sebesar 0,234. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 pembina Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik perbedaan rata-rata data dengan diberi perlakuan kedua dengan data tanpa diberikan perlakuan ke dua, dimana hasil Uji-t menunjukkan thitung sebesar 9,521. Untuk kriteria pengujian hipotesis menggunakan taraf nyata sebesar 0,05, dengan dk = n-1 diperoleh ttabel sebesar 1,771, sehingga dapat diambil kesimpulan thitung (9,521) > ttabel (1,771) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak atau sama dengan penggunaan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK Negeri 2 Pembina Medan Tahun Pelajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-035 / 371.33 Sar p |
Keywords: | Media audiovisual; Bahasa ekspresif; Anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 07:01 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48568 |