Manurung, Melva Adelia (2022) Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Nasionalisme Berbasis Multikultural Siswa Kelas XI Sman 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3173311030 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 3173311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM 3173311030 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 3173311030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM 3173311030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM 3173311030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 3173311030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 3173311030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
12. NIM 3173311030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 3173311030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun nasionalisme berbasis multikultural di SMA Negeri 14 Medan. Pendidikan multikultural diterapkan melalui strategi dan konsep pendidikan berbasis pemanfaatan keberagaman yang pada peserta didik, misalnya keberagaman etnis, budaya, bahasa, agama, gender, usia dan kemampuan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian di SMA Negeri 14 Medan tepatnya dijalan pelajar timur gang darmo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data menarik kesimpulan. Dengan guru yang akan diwawancarai. Hasil penelitian yang didapat dari informan Ibu Elfitryah sebagai guru mata pelajaran PPKn di sekolah SMAN 14 Medan. Dimana ada 5 indikator penting dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat. Pendidikan multikultural sudah berjalan dengan baik. Artinya seorang guru memang harus jadi panutan. Baik dari berperilaku disekolah, cara mengajar, dan paling penting cara memahami serta mengetahui karakter dari masing-masing siswanya. pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menanamkan sikap toleransi, menghargai, dan menghormati keragaman ras, etnis, budaya, agama, bahasa, sosial,ekonomi, jenis kelamin sehingga dapat menerima dan hidup bersama dalam keragaman tersebut tanpa menimbulkan permasalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-030 |
Keywords: | Peran Guru Pkn; Multikultural; Membangun Nasionalisme |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 06:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48517 |