PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KOGNISI MAHASISWA

Simanjuntak, Mariati Purnama (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KOGNISI MAHASISWA. In: Seminar Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unimed tahun 2013 Bidang Pendidikan, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Dikembangkan suatu model yang disebut model pembelajaran problem solving. Metode pengembangan model ini R and D melalui langkah-langkah 4-D, yaitu: define, design, develop and disseminate. Ujicoba terbatas dilakukan untuk melihat efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap kognisi mahasiswa dalam pembelajaran Fisika Umum. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang terdiri dari dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam ujicoba terbatas adalah eksperimen dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Data kognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan lima option. Efektivitas kognisi mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ujicoba terbatas menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving berbasis video pada topik Kinematika dan Dinamika Partikel efektif meningkatkan kognisi mahasiswa dan termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Problem solving; Kognisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 May 2016 06:56
Last Modified: 31 Aug 2016 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item
View Item