PENGARUH NILAI TUGAS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS CTL TERHADAP NILAI TES HASIL BELAJAR FISIKA UMUM I DI JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED

Sinuraya, Juru Bahasa and Bukit, Nurdin and Tarigan, Ratelit (2012) PENGARUH NILAI TUGAS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS CTL TERHADAP NILAI TES HASIL BELAJAR FISIKA UMUM I DI JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED. Prosiding Seminar Nasional dalam rangka Semirata BKS-PTN Wilayah Barat bidang MIPA tahun 2012. pp. 403-408. ISSN 978-602-9115-23-9

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (a) bagaimana peningkatan nilai tugas dan nilai tes hasil belajar fisika umum I melalui pemanfataan sumber belajar berbasis CTL, dan (b) mengetahui hubungan nilai tugas pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL dengan nilai tes hasil belajar pada matakuliah Fisika Umum I di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan fisika kelas C angkatan 2010/2011 berjumlah 36 orang yang sedang mengikuti matakuliah Fisika Umum 1. Instrumen yang digunakan: (1) tes hasil belajar, (2) angket/format observasi aktivitas mahasiswa (3) daftar tugas pemanfaatan sumber belajar. Untuk menganalisis data penelitian digunakan statistik deskripitif (persentase), dan statistik inferensial (analisis regresi liner).Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa melalui pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL : (a) ada peningkatan nilai tugas dari siklus I ke siklus ke II (84,06% ; 84,89%). (b) ada peningkatan nilai tes hasil belajar dari siklus I ke siklus ke II (71,92%, 80,14%), (c) pada siklus I, ada hubungan yang signifikan dan linier antara nilai tugas pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL dan nilai tes hasil belajar fisika umum I, dan besar pengaruh nilai pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL terhadap nilai tes hasil belajar fisika umum I adalah sebesar 1,5%, dan (d) pada siklus II tidak terdapat pengaruh nilai tugas pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL terhadap nilai tes hasil belajar fisika umum I, artinya terjadinya peningkatan nilai tes hasil belajar fisika umum I pada siklus II bukan disebabkan nilai tugas pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL tetapi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Keywords: Pengoptimalan; Model pembelajaran; Contextual teaching and learning; Sumber belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:40
Last Modified: 25 Apr 2016 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4848

Actions (login required)

View Item
View Item