BR Ginting, Rifka Priyanka (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Nearpod Pada Tema 6 Subtema 1 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111113 COVER.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
2. NIM 1183111113 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
3. NIM. 1183111113 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4. NIM. 1183111113 PREFACE.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
5. NIM. 1183111113 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 1183111113 TABLES.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM 1183111113 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 1183111113 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 1183111113 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
13. NIM 1183111113 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM 1183111113 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022, (2) Praktikalitas media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022 dan (3) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 72% dengan kriteria “Layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Layak”. Praktikalitas media diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dengan hasil persentase sebesar 97% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”, berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,2% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan penilaian observasi guru memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Efektivitas media pada pretest memperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 14,28% dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod perolehan rata-rata ketuntasan nilai posttest adalah sebesar 71,42% dan termasuk ke dalam kategori “Efektif”. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran sebesar 57,14%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web menggunakan Nearpod pada tema 6 subtema 1 Cita-Citaku di kelas IV SD Negeri 065012 Medan layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Web; Penelitian dan Pengembangan; Media Nearpod |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:07 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48430 |