PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PENINGKATAN PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM I

Simamora, Pintor and Hutahaean, Juniar and Derlina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PENINGKATAN PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM I. In: Seminar Internasional Forum FIP-JIP se Indonesia, 29-31 Oct 2013, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliatian ini antara lain : (1) Mengetahui kemampuan dosen mendesain model pembelajaran berbasis masalah pada perkuliahan fisika umum l: (2) Menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada perkuliahan fisika umum l: (3) Mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep apa yang dapat dikembangkan terhadap mahasiswa calon guru fisika melalui pembelajaran berbasis masalah: (4) Mengetahui pengaruh penerapan model - model pembelajaran berbasis masalah pada perkuliahan fisika umum 1 dalam pengembangan pemagaman konsep mahasiswa calon guru fisika: (5) Meningkatkan kenerja mahasiswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah: (6) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah: (7) Mengetahui keunggulan yang diperoleh dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Objek pnelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Fisika Kelas C sebanyak 37 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh skor pemahaman konsep pada Materi Kinematika dan Dinamika Partikel pada pretes diperoleh rata – rata = 59,82 dan simpangan baku = 8,24 pada siklus ke dua diperoleh rata – rata = 89,02 dan simpangan baku = 3,56 Peningkatan skor pemahaman konsep secara kuantitatif diuji dengan guin ternormalisasi Melizer diperoleh pada siklus pertama N-gain = 46,8% berada pada kategori sedang dan pada siklus kedua N-gain = 87,2 % berada pada kategori tinggi. Hasil kinerja mahasiswa memecahkan masalah diperoleh rata – rata 1,69 pada siklus 1 dan 2.56 pada siklus ll dan terdapat peningkatan kualitas mahasiswa memecahkan masalah dari 56,2 % pada silkus pertama menjadi 85,2 % pada siklus ll. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa sebesar 87,2 % dan meningkatkan kinerja mahasiswa dalam memecahkan masalah sebesar 85,2 pada materi kinematika dan dinamika partikel fisika umum l.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Guru fisika; Kinerja; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 May 2016 07:51
Last Modified: 31 Aug 2016 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item
View Item