Pintalitna, Wenny (2014) THE DEVELOPMENT OF E-LEARNING MEDIA AND ITS EFFECT ONSTUDENTS LEARNING ACHIEVEMENT AND CRITICAL THINKING IN GRADEXI IA SMAN 2 BALIGE. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar e-Learning pada materisistem pencernaan dan mengetahui perbedaan hasil belajar juga keterampilan berpikirkritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigasi berbantu mediae-Learning di kelas XI SMAN 2 Balige. Pada tahap pengembangan, media e-Learningdikembangankan dengan menggunakan model Luther. Hasil penilaian produk oleh pakarmenunjukkan bahwa efektivitas desain layar 66%, operasi media 80%, format danorganisasi warna 80%, konten 82,5%. Rata-rata persentasi validasi skala kecil dan besaradalah 93%. Media e-Learning yang dikembangkan dalam kategori baik.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IA 2 dan XI IA 3. Teknik analisis data secara kuantitatif dankualitatif. Uji Instrumen menggunakan tes kognitif dan tes berpikir kritis. Rata-rata nilaipost tes untuk tes kognitif dan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. HaI ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan padahasil belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis yang diajarkan dengan menggunakanmedia e-Learning.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | E-Learning media; Group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 May 2016 07:59 |
Last Modified: | 18 May 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4840 |