HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DANPOLA MAKANDENGAN STATUS GIZI SISWASMK NEGERI 1 BERINGIN

Yeni (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DANPOLA MAKANDENGAN STATUS GIZI SISWASMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173540028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5173540028 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5173540028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5173540028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5173540028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5173540028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5173540028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5173540028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5173540028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5173540028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5173540028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5173540028 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5173540028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5173540028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5173540028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5173540028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5173540028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5173540028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5173540028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5173540028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untu: 1).Mengetahui karakteristik responden, 2).Menganalisis pengetahuan gizi siswa, 3).Menganalisis Pola makan siswa, 4).Menganalisis status gizi siswa, 5).Menganalisis hubungan pengetahuan gizi dengan status gizi siswa, 6).Menganalisis hubungan pola makan dengan status gizi siswa. 7). Menganalisis hubungan pengetahuan gizi dan pola makan dengan status gizi siswa. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Beringin. Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan studi cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling, dimana jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 53 orang. Teknik pengumpulan data pengetahuan gizi dan pola makan menggunakan kuesioner, data status gizi menggunakan timbangan digital dan microtoice. Teknik analisis data menggunakan uji rank-spearman dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden perempuan sebesar 73,6%, pendidikan ibu dan ayah termasuk kategori SMA, pekerjaan ayah termasuk kategori petani/buruh sedangkan pekerjaan ibu termasuk kategori Ibu Rumah Tangga, pendapatan ayah dan ibu termasuk kategori pendapatan rendah (≤Rp.1.500.000/bln), pada besar keluarga termasuk kategori besar keluarga kecil dengan rerata 4 orang, status tinggal siswa termasuk tinggal dengan orang tua. Pengetahuan gizi siswa termasuk kategori kurang (39,6%), pola makan siswa termasuk kategori baik (58,5%), status gizi siswa termasuk kategori gizi baik (47,2%). Hal ini menunjukkan antara 1).pengetahuan gizi dengan status gizi siswa, 2).pola makan dengan status gizi siswa, yang keduanya memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan p-value 0,000 (p<0,05) pada uji rank-spearman. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa hasil pada uji F dengan nilai Fhitung sebesar 22,987 dengan p-value 0,000. Nilai Ftabel 3,18 maka dapa dilihat hasil dari uji F bahwa Fhitung> Ftabel (22,987>3,18) maka tolak H0 dan terima Ha. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan gizi dan pola makan dengan status gizi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:09
Last Modified: 14 Oct 2022 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48392

Actions (login required)

View Item
View Item