Sijabat, Rada S. (2021) Pengembangan Media Video Tutorial Pada Pembuatan Kerah Kemeja Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153341013 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 5153341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 5153341013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 5153341013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM 5153341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM 5153341013 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM 5153341013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8. NIM 5153341013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
9. NIM 5153341013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM 5153341013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 5153341013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Busana Industri materi pembuatan kerah kemeja kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Adapun jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan 4D. yaitu: 1) tahap pendefenisian (define), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) dan tahap penyebaran (desseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan sebanyak 30 siswa. Objek penelitian adalah mata pelajaran Busana Industri dengan materi pembuatan kerah kemeja yang berbentuk media video tutorial. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert dalam penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran busana industri pada siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan. 2) Media pembelajaran video tutorial dinyatakan layak dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) Validasi oleh ahli materi menyatakan bahwa 97,4% dengan kategori “sangat baik” karena memenuhi standart kelayakan isi 99,0%, dan standart kelayakan penyajian 95,8%. 2) Validasi oleh ahli media menyatakan bahwa 97,4% dengan katagori “sangat baik” dengan memenuhi standar kelayakan isi kualitas media 97,2% dan standart kelayakan penyajian visual media 97,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Kerah Kemeja |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48381 |