ANALISIS MATERI UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI KONSERVASI PADA MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI

Leksono, Suroso Mukti and Syachruroji, A. and Marianingsih, Pipit (2014) ANALISIS MATERI UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI KONSERVASI PADA MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Kepedulian masyarakat terhadap biodiversitas pada saat ini sangat rendah, sehingga berakibat terhadap kerusakan sumber daya alam, yang pada akhirnya akan menimbulkan bencana alam. Ketidakpedulian masyarakat terhadap biodiversiatas ini disebabkan oleh sistem pembelajaran yang tidak sesuai. Pembelajaran konservasi biodiversitas seharusnya melibatkan siswa secara aktif dan menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan tujuan akhir meningkatkan literasi konservasi biodiversitas. Leterasi konservasi biodiversitas adalah kemampuan seseorang untuk memahami biodiversitas dan mengkomunikasikan biodiversitas, serta menerapkan pengetahuan konservasi biodiversitas untuk memecahkan masalah-masalah biodiversitas, sehingga memiliki sikap dan kepekaan yang tinggi terhadap diri dan lingkungannya dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ilmiah. Oleh sebab itu penelitian ini ingin menganalisis materi-materi yang esensial untuk mengembangkan literasi konservasi mahasiswa calon guru biologi Metode deskriptif digunakan untuk menggali konsep-konsep esensial melalui jurnal, buku-buku teks dan pakar biologi konservasi. Hasil penelitian menemukan lima konsep esensial yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan literasi konservasi. Prinsip-prinsip esensial tersebut meliputi (1) tujuan biologi konservasi, (2) nilai-nilai keanekaragaman hayati,(3) konsep untuk memahami biodiversitas, (4) ancaman terhadap keanekaragaman hayati,dan (5) tindakan konservasi dan restorasi keanekaragaman hayati. Prinsip-prinsip tersebut jika dikembangkan maka diharapkan mahasiswa mampu meningkat tingkat pemahaman, sikap dan tindakan konservasinya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Lek a
Keywords: Materi Esensial Konservasi; Literasi Konservasi; Biologi Konservasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 May 2016 08:45
Last Modified: 19 May 2016 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item
View Item