Sitepu, Ariandi Yoel (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN SISTEM OPERASI KOMPUTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGABINANGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5171151002 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 5171151002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
3. 5171151002 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. 5171151002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. 5171151002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 5171151002 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. 5171151002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 5171151002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 5171151002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. 5171151002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. 5171151002 REFERNCES.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan pada media pembelajaran TIK Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Sistem Operasi Komputer Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga pada semester genap 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas, dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Untuk mengumpulkan data menggunakan isntrumen penelitian yaitu angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan siswa yang tujuannya untuk menguji kualitas media pembelajaran tersebut serta menguji keefektivan terhadap hasil belajar pesertadidik. Proses pengumpulan data menggunkan Uji Normalitas Gain adalah sebuah uji yang bisa memberikan gambaran umum peningkatan skor hasil pembelajaran antara sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest) diterapkannya suatu perlakuan. Skor maksimum ideal Gain yang dinormalisasi N gain ini diinterpretasikan untuk menyatakan peningkatan hasil belajar siswa menggunakap aplikasi AR sebagai berikut: Tingkat N gain Batasan Kategori g > 0,7 Tinggi 0,3 ≤ g ≤ 0,7 Sedang, g < 0,3 Rendah. Hasil penelitian menunjukkan: (1).Untuk uji kelayakan aplikasi AR perolehan keseluruhan oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 4,54 dan dapat dinyatakan “Sangat Layak” pada ahli media dengan hasil perolehan penilaian secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 3,82 dan dapat dinyatakan “Layak” dan perolehan penilaian oleh pengguna atau siswa diperoleh sebesar 4,71 dan dapat dikategorikan “Sangat Layak”. (2).Untuk uji keefektifan pada hasilbelajar peserta didik menggunalan aplikasi AR mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 93,12 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang konvensional dengan nilai rata-rata 65,62. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sudah menggunakan media pembelajaran AR. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran AR saat efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran, Augmented Reality, Sistem operasi komputer, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48376 |