Bangun, Putrako Sijoya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111037 COVER.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2. NIM. 1182111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1182111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
4. NIM. 1182111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 1182111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 1182111037 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 1182111037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 1182111037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 1182111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
13. NIM. 1182111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
14. NIM. 1182111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah minimnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 yang layak, praktis, dan efektif digunakan saat pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara, kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 yang layak, praktis, dan efektif digunakan saat pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan penilaian akhir dari seluruh validator terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 83% atau dalam kategori “Sangat Layak” dan penilaian guru kelas IV dan V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo dalam melihat praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 96,66% atau dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan melihat soal pre-test dan post-test saat pembelajaran berlangsung, menunjukkan rata-rata nilai pre-test siswa kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo adalah 35,6 dengan persentase nilai ketuntasan sebesar 4% (Kategori: Sangat Kurang), sedangkan rata-rata nilai post-test siswa kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo adalah 66 dengan persentase nilai ketuntasan sebesar 72% (Kategori: Baik) dengan nilai N-Gain (g) sebesar 0,47 yang masuk pada rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan keterangan efektif. Disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 yang layak, praktis, dan efektif digunakan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran Interaktif; Pengembangan (R&D); Articulate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48369 |