Sianipar, Junita Fenina Lucylia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Computer Assisted Learning (CAL) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173351020 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 5173351020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM. 5173351020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 5173351020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
5. NIM. 5173351020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 5173351020 TABLE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM. 5173351020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 5173351020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 5173351020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 5173351020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Pada penelitian ini dilatarbelakangi dengan sulitnya siswa dalam menerima pembelajaran dan siswa juga kurang merasa termotivasi serta terasa seperti membosankan untuk memahami materi dan minat belajar siswa yang rendah denan dilihat dari proses belajar mengajar berlangsung. Dengan dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif meggunakan software Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran dasar desain grafis. Pada penelitian ini menggunakan model waterfall melalui tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian. Pada uji kelayakan dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media serta media ini dikembangkan dan diuji cobakan kepada kelompok kecil di SMK Swasta Imelda Medan. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli materi dikategorikan “sangat layak” dengan memperoleh nilai rata – rata 4,35 dan hasil kelayakan yang dinilai oleh ahli media dikategorikan “sangat layak” dengan memproleh nilai rata – rata 4,63. Pada penilaian akseptansi/pengguna dikategorikan “sangat layak” dengan memperoleh nilai rata – rata 4,40. Pada Uji keefektifan media pembelajaran ini memperoleh rata – rata 0,78 dengan kategori “tinggi” sesuai dengan kategori skor normalitas gain dan produk tersebut efektif untuk digunakan pada saat proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Software Adobe Flash CS6, Dasar Desain Grafis, Model Waterfall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:31 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48336 |