Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan

Harahap, Rizky Gunawan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5163311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.5163311026 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.5163311026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.5163311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.5163311026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.5163311026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.5163311026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.5163311026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.5163311026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.5163311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.5163311026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.5163311026 TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.5163311026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.5163311026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.5163311026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.5163311026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.5163311026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.5163311026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM.5163311026 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM.5163311026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM.5163311026 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM.5163311026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[thumbnail of 12. NIM.5163311026 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM.5163311026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM.5163311026 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.5163311026 CHAPTER V.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 14. NIM.5163311026 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.5163311026 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 15. NIM.5163311026 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM.5163311026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APL-PIG) merupakan mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum 2013 yang diajarkan pada kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Tergabung dalam kelompok paket C3 jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Pada penelitian ini e-modul yang dikembangkan hanya dibatasi pada Kompetensi Dasar 4.20 dan 4.22 yaitu “Membuat gambar desain interior dengan pencahayaan buatan dan membuat gambar desain interior dengan elemen-elemen, material, model dan aksesoris disetiap ruang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung yang tepat digunakan unuk pembelajaran siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. (2) Menilai tingkat praktikalitas media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung bagi siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Desing (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 1 dosen sebagai ahli materi dan 1 dosen sebagai ahli media dan 1 dosen sebagi ahli bahasa. Objek penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis e-modul pembelajaran yang diberikan kepada siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan ahli media, lembar penilaian penilaian kelayakan oleh ahli bahasa, dan lembar penialaian kepraktisan oleh pengguna/siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis e-modul Kelas XII Pada Mata Pelajaran APL-PIG Kompetensi Keahlian DPIB Di SMK Negeri 2 Padangsidimpuan yang deikambangkan menggunakan aplikasi macromedia flash 8. (2) media pembelajaran berbasis e-modul Kelas XII Pada Mata Pelajaran APL-PIG yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran atau bahan ajar dalam proses kegiatan pembelajaran berdasarkan perolehan nilai keseluruhan skor aspek oleh ahli media dengan persentase 79% yang termasuk dalam kategori baik, nilai keseluruhan skor aspek oleh ahli materi dengan persentase 91% kategori sangat baik. nilai keseluruhan skor aspek oleh ahli bahasa dengan persentase 80% kategori baik, serta nilai keseluruhan skor aspek kepraktisan oleh pengguna/siswa dengan persentase 95,81 % dengan kategori sangat praktis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: ADDIE, E-modul, Media Pembelajaran, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:28
Last Modified: 13 Aug 2025 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48313

Actions (login required)

View Item
View Item