Hutabarat, Bill Eben Ezer (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Di Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153111010 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 5153111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 515311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 5153111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM. 5153111010 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5153111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5153111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5153111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 5153111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 5153111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Video pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah untuk siswa kelas X Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media Video Pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan untuk siswa kelas X Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Media pembelajaran berbasis video dikembangkan dengan menggunakan aplikasi 1INTRO. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas: (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan dengan responden guru mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Teknik pengumpulan data yaitu penyebaran angket. Instrumen yang digunakan adalah angkat validasi dari 4 ahli dan angket pesereta didik atau pengguna. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) Media pembelajaran yang dihasilkan sudah baik dan layak digunakan oleh siswa dan guru untuk meningkat kualitas pembelajaran, (2) Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi mendapatkan nilai 3,90 dengan kategori Layak. Validasi ahli media mendapatkan rata-rata penilaian 4,45 dengan kategori Sangat Layak. Validasi ahli desain mendapatkan rata-rata penilaian 3,80 dengan kategori Sangat Layak. Validasi ahli bahasa mendapatkan rata-rata penilaian 4,30 dengan kategori Sangat Layak. Penilaian peserta didik atau pengguna didapatkan nilai rata-rata 3,84 dan tergolong “Layak”. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran video sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video, Media Pembelajaran, Penelitian Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:55 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48305 |