Br Tarigan, Agrifa Sakresi (2021) Pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan pengukuran tanah kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163111002 COVER.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2. NIM. 5163111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM. 5163111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 5163111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 5163111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 5163111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 5163111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 513111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 5163111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 5163111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 5163111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat modul pembelajaran mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai (2) Mengetahui hasil kelayakan modul pembelajaran yang teruji dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Metode yang dipakai adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan 4D Define (Pendefinisian), Design (Desain), Development (pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penilaian kelayakan modul juga dilakukan oleh pengguna (Siswa) dalam skala kecil. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul Dasar-dasar Konstruksi Bangunan mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang terdiri dari 3 Bab materi Pelajaran. Hasil pengujian kelayakan oleh Ahli Materi mendapat skor 73% dengan kategori Baik, Hasil pengujian kelayakan oleh Ahli Media 83,5% dengan kategori Baik, dan Hasil pengujian kelayakan oleh Ahli Bahasa 82% dengan kategori Baik. Berdasarkan angket pengguna yang diisi oleh 5 orang Peserta Didik, memperoleh tingkat kelayakan 91,23% dengan kategori sangat baik. Hasil Penelitian menunjukkan Modul pembelajran layak digunakan siswa Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul, 4D, Modul pembelajaran, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48301 |