Suyatman (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Siswa SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163342020 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 5163342020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 5163342020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
4. NIM. 5163342020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 5163342020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM. 5163342020 TABLES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM. 5163342020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 5163342020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
12. NIM. 5163342020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 5163342020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman siswa dan guru; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar; (3) Hubungan efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Boga Dasar. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Beringin. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - Juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga sebanyak 30 orang siswa dan guru Tata Boga sebanyak 5 orang guru, dengan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman siswa termasuk ke dalam kategori efektif sebesar 80 persen, sedangkan tingkat efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman guru termasuk kategori sangat efektif sebesar 84 persen. Hasil belajar Boga Dasar termasuk ketegori baik sebesar 93,3 persen. Sedangkan, hasil analisis korelasi Spearman Rank menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman siswa dengan hasil belajar Boga Dasar, dengan nilai koefisien korelasi sebesar ρ = 0,821 dengan taraf signifikan 5 persen. Artinya semakin tinggi efektivitas pembelajaran daring menurut pengalaman siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48281 |