Marpaung, Yuli Happy (2021) Pengembangan Media Pembela-jaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Di SMK PAB 1 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173351049 COVER.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
2. NIM. 5173351049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
3. NIM. 5173351049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
4. NIM. 5173351049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
5. NIM. 5173351049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
6. NIM. 5173351049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
7. NIM. 5173351049 TABLES.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
8. NIM. 5173351049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
9. NIM. 5173351049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
13. NIM. 5173351049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
14. NIM. 5173351049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui cara mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Di SMK PAB 1 Helvetia dan untuk mengetahui tingkat kelayakan serta untuk mengetahui efektivitas Media Pembela-jaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Di SMK PAB 1 Helvetia. Dalam media ini peserta didik dituntut untuk berpikir, interaktif, efektif dan efisien dalam mengikuti pembelajaran dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and Development (R&D) dan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi tahapan yaitu pertama analisis, analisis kebutuhan meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan. Kedua design yaitu menyusun garis besar media media berbasis augmented reality, mendesain isi materi sesuai pembelajaran, menentukan video pembelajaran, mendesign soal, pemilihan desain penulisan media berbasis Augmented Reality. Ketiga development yaitu mengembangkan media berbasis Augmented Reality yang telah didesain menggunakan aplikasi unity 2017.4.10f1(Bit-64) dan vuforia serta format file yang dihasilkan yaitu Android Application Package (.apk). Kelayakan media diuji berdasarkan penilaian ahli media dengan nilai rata-rata 90,83% dengan kriteria sangat layak. Kedua validator ahli materi 90,27% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media berbasis Augmented Reality sangat layak untuk digunakan peserta didik. Dalam uji coba media pembelajaran terhadap peserta didik kelas X TKJ SMK PAB 1 Helvetia adalah sangat efektif untuk digunakan. Dilihat dari hasil post-test pada uji coba mendapatkan nilai 94,66 dan 22 peserta didik mencapai ≥75, hasil uji coba N-Gain dengan hasil sebesar 73% katergori tinggi dan 27% kategori sedang. Rata-rata hasil N-Gain adalah 0,84 dengan kategori tinggi. Kelima evaluation yaitu terdapat beberapa saran dari ahli media dan materi untuk kelayakan media berbasis Augmented Reality maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48269 |