Sinambela, Masdiana and Manik, Lamtagon (2014) PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan siswa yang mencakup keadaan ekonomi, metode mengajar, sarana dan prasarana, sikap guru, mass media dan teman bergaul terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Salak yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 200 siswa. Sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dari 7 kelas dari kelas X-1 sampai X-7 dengan jumlah siswa sebanyak 70 siswa. Jenis penelitian ini deskriptif mengambil data menggunakan kuessioner (angket) sebanyak 40 item, sedangkan data prestasi belajar dilihat dari nilai mentah hasil ujian semester ganjil siswa kelas X tahun pembelajaran 2013/2014. Hasil analisis data yang diperoleh “Pengaruh kondisi lingkungan sebesar 11,56% terhadap prestasi belajar siswa yang hasilnya signifikan”. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi, besar nilai (r = 0,34) harga r yang diperoleh memenuhi kriteria (-1 0,341; r0) sehingga kondisi lingkungan memiliki interpresasi korelasi rendah. Berdasarkan uji signifikan (t) (thitung > ttabel) ( 2,97> 1,67), berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil ( H0) ditolak.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | 570 Man p |
Keywords: | Pengaruh; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2016 05:02 |
Last Modified: | 20 May 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4826 |