Atalia, Ivany (2022) Pengembangan Media Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 1 Kelas II SD Negeri Inpres Sampe Cita T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111059_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1181111059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 1181111059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM. 1181111059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM. 1181111059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1181111059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1181111059_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111059_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 1181111059_BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM. 1181111059_BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 1181111059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas II terutama dalam pembelajaran tematik hanya mengandalkan buku guru dan buku siswa. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif mengikuti pelajaran. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu penggunaan media yang sesuai dengan materi. Tujuan
penelitian ini (1) Mengetahui validitas pengembangan media ludo pada Tema 4 Subtema 1 kelas II SD Negeri Inpres Sampe Cita T.A 2021/2022. (2) Mengetahui efektivitas pengembangan media ludo pada Tema 4 Subtema 1 kelas II SD Negeri
Inpres Sampe Cita T.A 2021/2022. (3) Mengetahui praktikalitas pengembangan media ludo pada Tema 4 Subtema 1 kelas II SD Negeri Inpres Sampe Cita T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D)
menurut Dick and Carey yaitu model ADDIE. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini terbagi menjadi 5, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, dan ahli media. Kepraktisan produk didasarkan pada hasil penilaian guru kelas. Keefektifan produk diukur dari hasil belajar siswa melalui tes pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan
tingkat kelayakan media dan materi. Penilaian ahli materi memberikan skor 47 dengan presentase 94% masuk kategori “sangat layak” dan penilaian ahli media memberikan skor 46 dengan presentase 92% masuk kategori “sangat layak”.
Tingkat kepraktisan media ludo ditentukan oleh tenaga pendidik (guru) kelas II SD Negeri Inpres Sampe Cita. Penilaian oleh guru kelas memberikan skor 59
dengan presentase 90,76% masuk kategori “sangat layak”. Tingkat keefektifan media ludo ditentukan oleh hasil pretest dan posttest. Hasil belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menggunakan media megalami peningkatan dari 58, 93 menjadi 88,15. Hasil uji N-Gain Score 0,71 dengan persentase 71,33 dengan kriteria efektif yang berarti penggunaan media ludo dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa media ludo layak sebagai salah satu media pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Inpres Sampe Cita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembanngan; Media Ludo; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 08:43 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48247 |