Manalu, Kartika (2014) GAMBAR DIAM DAN ANIMASI: VISUALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA DALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu materi pembelajaran biologi yang mengandung urutan proses dinamis yang kompleks dan konsep-konsep abstrak. Visualisasi merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai proses dinamis dan konsep abstrak dalam sistem peredaran darah manusia. Visualisasi yang digunakan dapat berbentuk gambar diam atauanimasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar diam dan animasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi mahasiswa pada sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan penelitian pretest-postest control group design. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik parametrik, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara gambar diam dan animasi dalam penilaian hasil belajar biologi mahasiswa untuk kemampuan berpikir tingkat rendah. Hasil belajar biologi mahasiswa yang dibelajarkan dengan animasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan gambar diam.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | 570 Kar g |
Keywords: | Visualisasi; Biologi; Gambar diam; Animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2016 08:47 |
Last Modified: | 20 May 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4824 |