Ridha, Fadilah Muthia (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331018 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4173331018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM. 4173331018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM. 4173331018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 4173331018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 4173331018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM. 4173331018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM. 4173331018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berfikir kreatif siswa. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X mas al-maksum stabat tahun ajaran 2020/2021 pada semester ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa yang diberikan pengajaran dengan model pembelajaran inkuiri berbasis Colabborative Learning dengan media monopoli monopoli dapat memenuhi standar kompetensi minimal (KKM) yang diterapkan, (2) Mengetahui aspek berfikir kreatif manakah yang paling berkembang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis Colabborative Learning dengan media monopoli pada materi sistem periodik unsur. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Pembelajaran menggunakan media monopoli dengan model pembelajaran inkuiri berbasis collaborative learning dilakukan sebanyak 3 kali tatap muka dan satu kali pemberian tes akhir (posttest). Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal-soal tes yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir kratif siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh data rata-rata pretest siswa sebesar 20,16 dan rata-rata nilai Posttest siswa adalah sebesar 79,83. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji t satu sampel. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dengan hasil yang diperoleh yaitu 2,97 > 2,04. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa yang diberikan pengajaran dengan model pembelajaran inkuiri berbasis Colabborative Learning dengan media monopoli monopoli dapat memenuhi standar kompetensi minimal (KKM) yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 088 |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Collaborative learning; Monopoli; Sistem periodik unsur; Berpikir kreatif; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 08:17 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48176 |