Syahrul, Siti Khadijah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Computer-Based Instruction (CBI) pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas untuk Siswa Kelas XI TKJ di SMKN 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 517215 1010 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 517215 1010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 517215 1010 PREEFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 517215 1010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
5. NIM 517215 1010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM 517215 1010 TABLES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. NIM 517215 1010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
8. NIM 517215 1010 APPENNDICES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
9. NIM 517215 1010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM 517215 1010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM 517215 1010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode Computer-Based Instruction (CBI) pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas materi Wide Area Network (WAN) yang dirancang. Penelitian ini diselenggarakan di SMK Negeri 14 Medan, khususnya pada kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jumlah subjek pengguna terdiri atas 34 siswa, di mana kegiatan penelitian dilakukan ketika pelajaran produktif berlangsung. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan dan uji efektivitas. Uji kelayakan diperoleh dari penilaian angket yang disebarkan ke dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan pengguna (siswa). Sedangkan uji efektivitas diambil dengan melakukan perbandingan nilai antara hasil belajar siswa dalam kegiatan pre-test dan post-test untuk melihat apakah hasil belajar mengalami peningkatan sesudah media disebarkan dan dikenalkan kepada siswa. Dari Hasil temuan dan Kesimpulan didapatkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) dengan metode Computer-Based Instruction (CBI) yang dirancang memiliki tingkat Kelayakan “Sangat Layak” di dalam domain konten materi dan domain media dengan skor penilaian 4.6. Dan mendapatkan nilai “Tingkat Akseptansi Tinggi” dengan skor penilaian 4.86 pada domain tingkat akseptansi atau domain pengguna. Media ini memiliki tingkat efektivitas dengan persentase sebanyak 79,41% pada kategori “Tinggi” dengan memiliki n-gain rata-rata sebesar 0.80. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran ini sudah terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi WAN Mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Khususnya di kelas XI TKJ SMKN 14 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Komputer, Computer-Based Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48157 |