Sihombing, Wesly Theophilus (2022) PENGEMBANGAN TUTORIAL PERMAINAN TENIS MEJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS APLIKASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6173111068 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6173111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 6173111068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 6173111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 6173111068 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 6173111068 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6173111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6173111068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 6173111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 6173111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 6173111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan tutorial permainan tenis meja di Sekolah Menengah Atas berbasis aplikasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil 15 siswa dan uji kelompok besar 30 siswa di SMA Methodist 8 Medan. Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data campuran (kulitatif dan kuantitatif). Tutorial permainan tenis meja berbasis aplikasi android ditingkat SMA yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 3 orang ahli, dimana ahli tersebut terdiri dari 2 ahli materi dan ahli media. Persentase untuk mengetahui analisis kebutuhan adalah 43% dimana penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 29% - 46% dengan kategori kurang baik. Persentase validitas untuk uji kelompok kecil adalah 59% dan penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 47% - 64% dengan kategori cukup baik untuk digunakan pada tahap uji kelompok besar setelah perbaikan. Dimana persentase validitasnya untuk uji kelompok besar adalah 89% dan nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 83% - 100% menunjukan bahwa dengan kategori sangat baik, tutorial permainan tenis meja di tingkat SMA menggunakan aplikasi berbasis android berjalan secara efektif dan efesien. Hasil uji kelompok kecil melibatkan 15 siswa SMA Methodist 8 Medan memiliki hasil persentase dengan nilai 65% dengan kategori yang didapat baik dan hasil uji kelompok besar melibatkan 30 siswa SMA Methodist 8 Medan memiliki hasil persentase dengan nilai 87% dengan kategori yang didapat sangat baik. Maka dapat disimpulkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat memberikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam materi permainan tenis meja menggunakan aplikasi berbasis android.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PJKR-076 |
Keywords: | Tutorial Permainan, Tenis Meja dan Berbasis Aplikasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:08 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48069 |