Ramadhan, Mhd Wahyu (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163111029 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2. NIM. 5163111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
3. NIM. 5163111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 5163111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 5163111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 5163111029 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 5163111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 5163111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 5163111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
13. NIM. 5163111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM. 5163111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui model pengembangan modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi yang dikembangkan pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. (2) Mengetahui kelayakan Modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi sebagai bahan ajar mata pelajaran kelas XI Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan berdasarkan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. (3) Mengetahui Modul pembelajaran estimasi biaya konstruksi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang estimasi biaya konstruksi pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XI Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4D meliputi tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebarluasan (Dissiminate). Instrumen pengambilan data berupa angket dimana hasil data tersebut untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, pengguna (siswa) dan instrumen uji efektivitas modul berupa pre-test dan post-test. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat 78,91% dengan kategori layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat 80,90% dengan kategori layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapat 86% dengan katergori sangat layak, dan hasil pengujian respon dari pengguna yang terdiri dari 15 siswa memperoleh 84,275% dengan kategori sangat layak. Hasil pengujian efektivitas dengan pre-test mendapatkan dengan 79,25% dan hasil post-test mendapatkan 87,96% dengan kategori efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi layak digunakan pada siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang estimasi biaya konstruksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BAN-020 |
Keywords: | Pengembangan Media; Modul Pembelajaran; Estimasi Biaya Konstruksi |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48039 |