Hasibuan, Wirdana (2022) Studi Kasus Kemampuan Berempati Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Kautsar Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173313060_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1173313060_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 1173313060_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 1173313060_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 1173313060_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1173313060_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1173313060_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1173313060_BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
12. NIM. 1173313060_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 1173313060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berempati pada anak usia 5-6 tahun di TK AL-KAUTSAR PADANG LAWAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berempati pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-kautsar padang lawas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif,dimana cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif, proses makna, (persfektif subjek) lebih ditonjolkan. Penelitian ini untuk mengungkapkan gejala holistic – konstektual menjadi pengumpulan data dari latar alami dengan menfaatkan peneliti sebagai instrumen kunci. subjek penelitian ini adalah satu kelas ceria berjumlah 5 anak dan satu orang guru di TK AL KAUTSAR Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dana penarikan kesimpulan atau verifikasi (conculsion and verification). Hasil penelitian menunjukkan Anak-anak di TK AL-Kautsar telah mampu menunjukkan kemampuan empati melalui aspek-aspeknya seperti sensitivitas, aspek sportivitas, aspek solidaritas ,serta aspek kerja sama. Kesimpuannya anak yang terbiasa bersosialisasi dan bermain dengan teman sebayanya dianggap lebih mungkin mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dibandingkan dengan anak yang sulit bersosialisasi dan anak yang sulit bersosialisasi membutuhkan perhatian lebih dari orang tua dan lingkungannya agar agar mereka lebih peka. Masalah kesulitan bersosialisasi merupakan masalah umum yang sering dialami oleh anak anak pada kelompok usia ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berempati; Sikap Rasa Empati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 03:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47993 |