Lubis, Ikhwatul Islami (2021) Pengembangan Modul Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5171111006 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 5171111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM. 5171111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 5171111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 5171111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 5171111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 5171111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 5171111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM. 5171111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
13. NIM. 5171111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM. 5171111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan sebagai bahan ajar untuk siswa Kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan sebagai bahan ajar untuk siswa Kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (Pengembangan) model ADDIE, dengan tahapan Analyisis (analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket penilaian validasi, yang terdiri dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Validasi ini bertujuan untuk menetapkan dan menguji kelayakan dari modul yang dikembangkan. Selain itu, modul juga dinilai oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian, modul dikembangkan dengan cakupan materi pembelajaran selama satu semeter, yang terdiri dari materi klasifikasi jalan, klasifikasi jembatan, jenis drainase jalan dan jembatan, spesifikasi bahan perkerasan jalan, spesifikasi jembatan, dan spesifikasi drainase. Adapun hasil pengujian kelayakan yang didapat yaitu (1) Ahli media mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 4,26 dengan kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”, (2) Ahli materi mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 4,26 dengan kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”, (3) Ahli bahasa mendapatkan perolehan skor rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”, dan hasil uji coba produk kepada pengguna (siswa) sebanyak 15 orang didapat perolehan skor rata-rata sebesar 4,58 dengan kategori interpretasi kelayakan “sangat layak”. Dari data hasil validasi tersebut, maka disimpulkan bahwa modul pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan dinyatakan layak untuk digunakan siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BAN-002 |
Keywords: | Modul pembelajaran; Konstruksi jalan dan jembatan; Desain pemodelan; Informasi bangunan |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 03:30 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47936 |