Daharnis and Ifdil and Erlamsyah and Ardi, Zadrian and Hariko, Rezki (2014) GAMBARAN KEGIATAN BELAJAR SISWA SUMATERA BARAT. In: International Counseling Conference and Work, 13-15 Sep 2014, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
Abstract
Upaya perbaikan dan pengembangan kegiatan belajar siswa perlu dilakukan secara menyeluruh melalui program yang didasari oleh kajian mendalam dan komprehesif. Upaya ini salah satunya diawali dengan identifikasi kondisi awal kegiatan belajar siswa. Kajian ini merupakan studi pendahuluan (Preliminaryresearch) berbentuk analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan profil dan kondisi kegiatan belajar siswa dengan jumlah sampel 1196 siswa di Sumatera Barat. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah Daharnis Learning Activities Scale (DLAS). Kajian ini mengungkapkan bahwa kondisi kegiatan belajar siswa secara umum berada pada kategori tinggi. Secara khusus persiapan belajar siswa, kegiatan selama proses belajar dan kegiatan setelah proses belajar jugaberada pada kategori tinggi; namun ada beberapa jenis kegiatan belajar siswa untuk setiap sub-variabel yang masih belum optimal. Implikasi hasil kajian ini adalah optimalisasi dan/atau penelitian lanjutan untuk menghasilkan suatu model program pengembangan kegiatan belajar siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Kegiatan belajar; Konseling; Kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 02:32 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4793 |