Sinurat, Anggiat Srikayama (2021) Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Minat dan Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5163111003 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM.5163111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM.5163111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM.5163111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. NIM.5163111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM.5163111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
10. NIM.5163111003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
11. NIM.5163111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
12. NIM.5163111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
16. NIM.5163111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
17. NIM.5163111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kontruksi jalan dan jembatan program keahlian DPIB merupakan dampak dari kesulitan belajar siswa, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Diantaranya yaitu keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran siswa berupa sarana dan prasarana sekolah seperti sumber belajar dan kurang tepatnya guru dalam memilih penggunaan media untuk membantu proses pembelajaran yang juga mempengaruhi minat belajar siswa dan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom terhadap minat dan hasil belajar konstruksi jalan dan jembatan pada siswa tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 2 sebagai kelas yang diberikan perlakuan penggunaan media pembelajaran google classroom sebanyak 28 siswa dan siswa kelas XI DPIB 3 sebagai kelas yang diberikan perlakuan penggunaan media pembelajaran whatsApp sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes, yang terlebih dahulu diujicobakan, dan dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah; (1) analisis deskriptif, (2) uji persyaratan analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) tidak terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan penggunaan media google classroom terhadap minat belajar siswa dengan hasil pegujian test manova multivariate diperoleh sig,>0,05 yaitu (0,339 > 0,05). (2) terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan penggunaan media google classroom terhadap hasil belajar siswa dengan hasil pegujian uji-t diperoleh Hasil pengujian test manova multivariate diperoleh sig,<0,05 yaitu (0,004 < 0,05) Artinya penggunaan media google classroom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa tapi tidak dengan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BAN-001 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Google Classroom; Minat Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:07 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47889 |