RAFITA (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENGUKUR PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7174542003 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 7174542003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7174542003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 7174542003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 7174542003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 7174542003 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 7174542003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7174542003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7174542003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 7174542003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 7174542003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah evaluasi hanya berfokus pada penilaian ranah kognitif, guru mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian ranah afektif selama pembelajaran daring sehingga penilaian sikap hanya dinilai dengan tugas-tugas dan pengamatan tanpa menggunakan instrumen. Adapun panduan penilaian yang dimiliki sekarang dikembangakan dengan pendekatan tatap muka. Oleh karena itu diperlukan instrumen penilaian afektif yang tepat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif untuk mengukur partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi, mengetahui tingkat validitas pengembangan instrumen penilaian afektif untuk mengukur partisipasi belajar siswa dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian afektif untuk mengukur partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research dan development) model Sugiyono sepuluh langkah yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Panca Budi 2 Medan, subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli dan instrumen penilaian diri.
Hasil pengembangan instrumen penilaian afektif untuk mengukur partisipasi belajar siswa layak digunakan dengan hasil validasi keseluruhan kisi-kisi instrumen dari ahli psikologi 93%, ahli evaluasi 100%, ahli bahasa 90%, guru mata pelajaran 91,4% dengan rata-rata presentasi sebesar 94%. Hasil validasi butir pernyataan dari ahli psikologi 98%, ahli evaluasi 97,5%, ahli bahasa 96,8% dengan rata-rata presentase sebesar 97%. Tingkat validasi tersebut termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan analisis menggunakan SPSS 26 hasil analisis koefisien cronbach alpha, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian dikatakan reliabel dengan kriteria reliabilitas bagus pada nilai ujicoba pemakaian yaitu sebesar 0,901.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Instrumen Penilaian, Ranah Afektif dan Partisipasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47810 |