PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK

SARAGIH, AFENIA NATASYA (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173342002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7173342002 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7173342002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7173342002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7173342002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7173342002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7173342002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7173342002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7173342002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7173342002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7173342002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7173342002 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7173342002 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7173342002 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7173342002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7173342002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7173342002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7173342002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7173342002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7173342002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7173342002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7173342002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Lingkungan belajar dan motivasi belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar akuntansi akan semakin tinggi pula. Begitu pun dengan motivasi belajar, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka hasil belajar akuntansi siswa akan meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi; dan (3) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Patumbak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X AK dengan populasi 108 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis Random Sampling yang menghasilkan 85 orang siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan amgket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisa yang digunakan yaitu linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,526 sedangkan ttabel sebesar 1.674 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,015 ≤ 0,05.
2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai thitung sebesar 2,472 sedangkan ttabel sebesar 1.674 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,017 ≤ 0,05 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai F hitung sebesar 17.745 > F tabel sebesar 3,18. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Patumbak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar akuntansi; Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:06
Last Modified: 24 Oct 2022 06:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47808

Actions (login required)

View Item
View Item