UTAMI, WITA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS APLIKASI ZOOM CLOUD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 BAGAN SINEMBAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7173341056 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM.7173341056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM.7173341056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM.7173341056 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM.7173341056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM.7173341056 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM.7173341056 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM.7173341056 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM.7173341056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM.7173341056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM.7173341056 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa” kelas X IPS SMA Negeri 5 Bagan Sinembah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1. Pengaruh antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis aplikasi Zoom Cloud terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Bagan Sinembah Tahun Pelajaran 2020/2021. 2. Untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis aplikasi Zoom Cloud terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Bagan Sinembah Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 104 orang yang terdiri dari 3 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling (pengambilan acak sederhana) dengan pertimbangan kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang setara, didapatkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan siswa kelas X IPS 2 sebanyak 69 siswa.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan rancangan pre-test post-test control design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket motivasi belajar dan memberikan tes berupa pretest, postest belajar siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus regresi linier sederhana yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Uji hipotesis dari motivasi belajar dikelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui thitung (9,23) > ttabel (1,667) maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hasil angket, pada penilaian motivasi belajar nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 33,20 dan kelas kontrol sebesar 27,94. Berdasarkan hasil angket tersebut dapat ditarik kesimpulan motivasi belajar siswa yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan model pembelajaran Konvensional. (2) Hasil uji hipotesis pada uji t dari hasil belajar dikelas eksperimen dan kelas kontrol Hasil uji hipotesis dari hasil belajar dikelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui thitung (6.16) > ttabel (1,667) maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa. Hasil Postest, pada penilaian hasil belajar nilai rata- rata kelas eksperimen 88,43 dan kelas kontrol sebesar 75,44.
Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil dan juga pembahasan yang dibuat berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis aplikasi zoom cloud terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Bagan Sinembah”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model CTL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 07:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47783 |