Panjaitan, Harapan (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA SWASTA BUDI MURNI 3 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4151121026 COVER.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
NIM 4151121026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
NIM 4151121026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM 4151121026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
NIM 4151121026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 4151121026 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
NIM 4151121026 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 4151121026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan bahan ajar berbasis Discovery Learning pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan dalam pembelajaran secara daring di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu, define, design, development and disseminate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan T.P 2020/2021. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen keefektifan dan instrumen kelayakan. Teknik analisis data pada instumen penelitian adalah deskriptif. Hasil uji keefektifan diperoleh dari peningkatan N-gain sebesar 67,13% dengan kriteria terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil uji kelayakan bahan ajar diperoleh dari penilaian ahli materi dengan persentase 92,50% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli ahli pembelajaran dengan persentase 92,30% dengan kriteria sangat layak dan respon guru fisika dengan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Sehingga berdasarkan hasil penilaian ahli materi, penilaian ahli pembelajaran dan respon guru dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Discovery Learning pada materi momentum, impuls dan tumbukan layak digunakan dalam proses pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil peningkatan N-gain dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model Discovery Learning pada materi momentum, impuls dan tumbukan dalam pembelajaran daring yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa SMA Budi Murni 3 Medan T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 085 |
Keywords: | Bahan ajar; Media pembelajaran; Momentum; Impuls; Zoom cloud meeting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:14 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47770 |